THERAPY CHIKUNG

Metode penyembuhan yang layak bagi semua lapisan masyarakat
Atas izin Sang Pencipta,Semua jenis penyakit dapat disembuhkan kecuali Patah Tulang.


Minggu, 10 Januari 2010

SENAM CHIKUNG

Gerakan-gerakan tingkat dasar chikung dapat dipelajari dengan mudah. Setelah selesai mempelajari tingkat dasar (tiap kali latihan selama lebih kurang 2 jam), diantaranya yang sakit penderitaanya dapat berkurang bahkan ada yang sembuh. Setelah itu, untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, peserta dapat melanjutkan latihannya secara rutin seminggu sekali atau seminggu dua kali. Selanjutnya dapat berlatih sendiri di rumah atau melakukan latihan bersama secara rutin.

Tiga unsur penting dalam berlatih chikung adalah mengontrol sikap badan, fikiran dan nafas, karena itu latihan-latihan selalu dalam bentuk gerak dan diam (meditasi). Meskipun gerakannya lembut tetapi akan berkeringat, termasuk sewaktu melakukan Meditasi,diam saja dan hanya pikiran yang mengolah chi tetapi dapat keluar keringat.

Siapa Saja Yang Boleh Belajar Chikung
Semua orang, laki-laki, perempuan, tua dan muda, boleh belajar chikung. Chikung tidak ada hubungannya dengan agama (semua penganut agama boleh belajar chikung). Chikung bukan ilmu klenik.

Manfaat Belajar Chikung
Peserta yang berlatih chikung ini, kemajuan kesehatan mereka sangat kentara. Malah banyak yang sembuh dari penyakit menahun seperti migren, tekanan darah rendah, tekanan darah tinggi, rematik, maag, liver, susah tidur, diabetes, post stroke, dan sebagainya.

Tiap sistem pengobatan mempunyai kelebihan dan kekurangan. Inilah hidup, tidak ada yang sempurna, karena itu umpamanya jika terkena penyakit infeksi, jelas kedokteran barat menggunakan cara pengobatan yang tepat dengn antibiotika. Dari pengalaman selama ini ternyata bahwa apa yang disebut penyakit psychosomatik oleh kedokteran barat justru memberi respons yang sangat baik terhadap chikung. Dengan demikian kedokteran timur (chikung) dan kedokteran barat sudah seharusnya saling menunjang dan melengkapi.

Ada yang menganggap seolah-olah kesembuhan yang didapat dari chikung tidak lebih dari efek sugesti (placebo). Disini terdapat kesalahpahaman yang keliru terhadap cara pandang dalam pengobatan chikung yang hanya dianggap tidak mempunyai efek apa-apa, tetapi karena pasien percaya, maka dengan menerima sugesti pasien menjadi sembuh. Namun sebenarnya dalam mengubah atau menggerakkan sesuatu di dalam chikung selalu diperlukan tenaga atau energi (chi). Ini adalah hukum alam, kesembuhan merupakan suatu perubahan. Bagaimana bisa sembuh atau berubah tanpa ikut sertanya suatu energi atau tenaga (chi)..?

6 komentar:

  1. dimana saya dapat belajar chi kung.
    sy berdomisili di kab kapuas, kalimantan tengah.

    BalasHapus
  2. kalau di kota tuban jawa timur dimana alamat tempat latihannya

    BalasHapus
  3. Dimanakah alamat saya bisa mengikuti senam chi gong Sumatera Barat?

    BalasHapus
  4. saya di pontianak, apakah ada tempat pelatihannya?

    BalasHapus
  5. Saya Tinggal di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Apakah ada latihan chikung di kabupaten Lumajang? Siswanto

    BalasHapus
  6. sy tinggal di jayapura apa ada senam chikung di jayapura

    BalasHapus