THERAPY CHIKUNG

Metode penyembuhan yang layak bagi semua lapisan masyarakat
Atas izin Sang Pencipta,Semua jenis penyakit dapat disembuhkan kecuali Patah Tulang.


Minggu, 10 Januari 2010

SEKILAS TENTANG CHIKUNG

Bagi banyak orang, CHIKUNG terkesan sebagai sesuatu yang baru atau belum dikenal. Hal ini tidak mengherankan karena selama ini tidak banyak diperkenalkan kepada khalayak ramai. Di negeri asalnya China, praktek ilmu ini ditekan selama pemerintahan Mao Tse Tung karena dianggap sebagai suatu ilmu yang tidak sesuai dengan paham politik yang dianut. Baru sejak sekitar 20 tahun terakhir ilmu ini mulai diperkenalkan kepada dunia secara terbuka.

Dilihat sejarahnya, latihan senam pernafasan chikung tercatat sudah dikenal sejak 4.000 tahun yang lalu. Dalam perkembangannya menjadi dua macam aliran keras yang dipakai dalam ilmu beladiri (kungfu). Pendekar shaolin yang tersohor karena kebal pedang dan tombak, semuanya didasarkan pada pernafasan chikung. Aliran chikung beladiri ini dipakai dalam kungfu yang dapat mengembangkan kemampuan yang sangat menakjubkan. Salah satu latihan yang paling terkenal adalah Chikung Baju Besi (Iron Shirt Chikung) yang dikembangkan oleh para pendeta shaolin. Sedangkan yang lembut berkembang untuk pengobatan atau peningkatan kesehatan dan tetap memakai nama chikung. Salah satu aliran kungfu bernama Taichi Chuan, beberapa ratus tahun yang lalu mengambil beberapa gerakan chikung untuk menjadi senam kesehatan (senam Taichi) yang banyak dikenal di Indonesia.

Ada juga aliran ketiga, yaitu mencapai pencerahan spiritual seperti yang dilakukan oleh para biar
awan/biarawati Buddha dan Tao.
Konsep chikung mengenai keseimbangan Yin dan Yang merupakan dasar dari semua pengobatan Tiongkok, termasuk didalamnya adalah Hong Sui (Feng Sui) yang sekarang sedang trend dalam menentukan tata ruang.
Sesungguhnya yang ingin dicapai adalah keseimbangan Yin dan Yang, sehingga manusia yang hidup didalam rumah itu sehat badan dan batin. Hal ini tidak dapat dikatakan sebagai suatu yang tahyul.

Akupuntur dasarnya adalah chikung dengan sekitar 600 titik chi yang sudah diidentifikasi. Saat ini sedang dilakukan banyak penelitian ilmiah terhadap chikung, baik dinegeri asalnya maupun di negara barat. Tinggal masalah waktu saja sebelum lebih banyak hasil penelitian ilmiah dipublikasikan.
Ingat apa yang terjadi dengan akupunktur, 30 tahun yang lalu masih ditertawakan dan dicemoohkan oleh dunia kedokteran barat karena dianggap cuma sebuah fantasi orang timur. Saat ini, pusat-pusat penelitian akupunktur sudah ditemukan dibanyak negara barat dan mereka memakainya dalam pengobatan. Di RRC dan Jepang saat ini banyak rumah sakit besar yang menyediakan pengobatan dengan chikung, terutama terhadap kasus-kasus yang oleh kedokteran barat dianggap sudah tidak dapat tertolong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar